Arti penting nilai-nilai pancasila bagi penyelenggara pemerintah negara

A. Arti Penting Nilai-Nilai Pancasila Bagi Penyelenggaraan Negara
     Nilai-nilai pancasila termasuk dalam nilai kerohanian yang tetap mengakui pentingnya nilai material dan nilai vital secara seimbang.
     Nilai Pancasila mempunyai sifat objektif dan subjektif. Nilai Pancasila bersifat objektif kaeran sesuai objeknya/kenyataannya dan bersifat umum/universal. Nilai Pancasila bersifat subjektif karena sebagai hasil pemikiran bangsa indonesia. Sifat objektif nilai-nilai Pancasila dapat dijelaskan sebagai berikut.
a. Rumusan sila-sila Pancasila itu sendiri menunjukan kenyataan adanya sifat-sifat abstrak, umum,          dan universal.
b. Nilai-nilai pancasila timbul dari bangsa Indonesia sebagai hasil penilaian dan hasil pemikiran              filsafat bangsa indonesia.
c. Nilai-nilai  Pancasila merupakan perwujudan hakikat sifat nurani bangsa Indonesia.
d. Nilai-nilai Pancasila merupakan filsafat hidup yang tepat bagi bangsa Indonesia, paling adil,                paling, bijaksana, paling baik, dan paling dengan bangsa Indonesia.
e. Inti sila-sila Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia, baik            dalam adat kebiasaan, kebudayaan, maupun kehidupan keagamaan.

    Nilai-nilai Pancasila menjadi pemandu dalam penyelenggaraan pemerintah Indonesia. Dengan adannya nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah negara, Pemerintah tidak bisa memperlakukan warga negara atau membuat kebijakan sewenang-wenang dan diskriminatif.

Komentar

Postingan Populer