Ekonomi syariah

C. Ekonomi Syariah

1. Pengertian Ekonomi Syariah
    Ekonomi syariah disebut juga dengan ilmu ekonomi islam. Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah ekonomi rakyat berdasarkan islam. Ekonomi syariah dapat juga di artikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia berdasarkan syariat islam dan keimanan.
    Sistem ekonomi islam tidak hanya di perbankan, tetapi mencakup semua sistem keuangan melalui perbankan, pasar modal, asuransi, hingga dana pensiun.
    Dalam pelaksanaan ekonomi syariah banyak tantangan yang harus dihadapi. Tantangannya yaitu masih banyak sumber daya alam (SDM) yang belum memahami ekonomi syariah dan adanya petugas pelaksana syariah yang tidak amanah. Dalam menghadapi tantanagan tersebut semua lembaga yang bertanggung jawab atas pemberlakuan ekonomi syariah terus melakukan kajian, penelitian, publikasi, dan sosialisasi kepada pihak-pihak yang dianggap perlu.

2. Tujuan Ekonomi Syariah
    Perkembangan ilmu ekonomi islam diarahkan untuk mewujudkan suatu tujuan yang memang tidak dapat dicapai atau dikembangkan oleh ilmu ekonomi konvensional. Tujuan ekonomi islam adlah Al-Falah. Al-Falah yaitu kesuksesan yang hakiki berupa tercapainya kebahagian dalam segi material dan spiritual serta tercapainya kesejahteraan di dunia dan akhirat.

3. Prinsip Ekonomi Syariah
    Landasan ekonomi syariah ialah nilai-nilai islam yang bersumber dari Al-qur'an, sunah, ijma', dan ijtihad atau qiyas, tujuannya guna mencpai "Falah" yaitu mencapai kesejahteraan bagi rakyat. prinsip-prinsip dasar ekonomi islam menurut Yusuf Qardhawi (2004) sebagai berikut :
a. Prinsip Tauhid
b. Prinsip Khalifah
c. Prinsip Keadilan

4. Karakteristik Ekonomi Syariah
    Karakteristik ekonomi islam meliputi tiga asas pokok. Ketigannya secara asasi dan bersama mengatur teori ekonomi dalam islam yaitu asas akidah, akhlak, dan asas hukum (muamalah). Menurut Al-Mawsu'ah Al-ilmiyah wa Al-islamiyah, karakteristik ekonomi syariah sebagagai berikut :
a. Harta kepunyaan Allah Swt. Dan manusia merupakan khalifah terhadap harta
b. Ekonomi terkait dengan akidah, Syariah, dan moral
c. Keseimbangan antara kerohanian dan kebendaan
d. Ekonomi islam menciptakan kesimbangan kepentingan individu dengan kepentingan umum
e. Kebebasan individu dijamin dalam islam
f. Negara diberi kewenagan ikut campur dalam perekonomian
g. Adanya bimbingan konsumsi
h. Petunuk investasi
i. Adanya zakat
j. Pelarangan terhadap riba

Komentar

Postingan Populer