Pergaulan sehat antar remaja

A. PERGAULAN YANG SEHAT ANTARREMAJA

     Pergaulan sehat adalah pergaulan yang membawa pengaruh hal postif bagi perkembangan seseorang . Sebaliknya pergaulan yang tidak positif akan membawa mereka ke hal yang buruk yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1. Menciptakan Pergaulan Sehat Antarremaja
    Berikut beberapa cara menciptakan pergaulan sehat pada remaja :
a. Adanya kesadaran beragama bagi remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat.
b. Memiliki rasa setia kawan agar dapat terjalin hubungan sosial remaja yang baik dalam hal-hal            positif.
c. Memilih teman dengan maksud untuk mengantisipasi agar tidak terpengaruh dengan sifat yang            tidak baik.
d. Menstabilkan emosi dengan sabar dalam menyelesaikan masalah dengan komunikasi bukan                dengan amarah atau emosi.
e. Remaja laki-laki dan perempuan memiliki batas-batas tertentu dengan saling menjaga jarak sesuai      dengan norma agama dan sosial.

2. Sikap-Sikap Dalam Pergaulan Remaja
    Berikut beberapa sikap yang harus diterapkan dalam pergaulan pada remaja :
a. Tampilan fisik 
    Kesederhanaan, kebersihan, dan kerapian penampilan pasti akan disukai banyak orang meskipun tida semewah selebriti. Penampilan fisik jagan diartikan dengan tampilah mewah, tampilan bersih dan rapih dapat mencerminkan kebersihan diri dan pribadi seseorang.
b. Berbicara dengan bersikap sopan
    Orang bijak sering mengatakan "mulutmu adalah harimaumu". Ucapan yang salah dapat melukai hati orang lain. Karena itulah, kita harus berusaha menjaga perkataan kita. Kesopanan bisa menimbulkan kesan pertama yang baik saat kita berkenalan dengan teman baru atau dengan lingkungan baru.
c. Membiasakan untuk memberi dan berbagi
    Hal ini dimulai dengan hal sepele. Saat kita punya makanan kecil, paling tidak tawari teman kita. Kalau makanannya sedikit, usahakan jagan makan didepan teman kita. Sikap seperti ini menunjukan bahwa kita peduli dengan sekeliling kita dan menjaga perasaan orang lain.
d. Tidak menguping pembicaraan orang lain
     Kebiasaan menguping pembicaraan orang lain adalah kebiasaan yang tidak disukai orang lain. Meskipun kita merasa akrab, kita tetap harus tetap tahu dan menghargai batasan hal-hal yang bersifat pribadi.
e. Rendah hati
    Biasakan rendah hati dan jagan terlalu membanggakan diri sendiri atau keluarga setiap obrolan dengan teman. Kalau kita terlalu sering membagakan diri sendiri atau keluarga, teman kita akan menganggap kita sombong dan tinggi hati. Akuilah dan hargailah kelebihan orang lain karena dengan begitu kita akan terbiasa menghargai  kelebihan orang lain.

3. Ciri-Ciri Pergaulan Yang Sehat
    Berikut beberapa ciri-ciri pergaulan yang sehat :
a. Berakhlak mulia
b. Senantiasa memiliki prasangka baik
c. jauh dari rasa iri dan dengki
d. Memiliki rasa malu
e. Sopan dalam bertutur kata


Komentar

Postingan Populer